Begini Cara Mematikan Windows Update 10 Agar Hemat Kuota

26 Sep, 2020 | Brian Adam | No Comments

Begini Cara Mematikan Windows Update 10 Agar Hemat Kuota

Cara mematikan windows update
Cara mematikan windows update
Cara mematikan windows update

Cara Mematikan Windows Update – Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem operasi Windos menjadi favorit banyak orang untuk digunakan. Untuk versi terbarunya sendiri, adalah Windows 10 seperti yang satu ini.

Ditambah pihak Windows ini sendiri seringkali melakukan update yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan keamanan sistemnya. Hanya saja, tidak bisa dipungkiri juga bahwa tidak semua orang menyukai Windows 10 yang otomatis melakukan update ini.

Bukan tanpa alasan karena ketika Windows melakukan update maka akan membuat komputer harus terhenti dan melakukan restart. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu ketika Anda sedang ingin memanfaatkan komputer atau laptop yang dimiliki untuk keperluan kerjaan yang penting lainnya. Sesuatu yang pastinya membuat Anda ingin mematikan update tersebut.

Selain masalah windows update restart sendiri ini, juga boros kuota loh! Ya, windows update juga akan mendownload semua update tanpa sepengetahuan kita. Entah ukurannya yang terkadang ratusan MB bahkan ber-giga-giga yang bikin kuota kamu cepat habis.

Sekarang jangan khawatir lagi, untungnya sudah ada 4 cara untuk mematikan Windows update pada windows 10 seperti yang berikut ini.

windows 10
windows 10

Cara Mematikan Windows Update Windows 10

1. Hentikan Sementara

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan untuk mematikan Windows Update pada windows 10 adalah dengan menghentikannya sementara. Hanya saja perlu menjadi catatan bahwa ketika Anda menjatuhkan pilihan yang satu ini maka Anda tidak menghentikan update tersebut untuk selamanya tapi hanya menghentikannya untuk sementara.

Namun tentunya penghentian sementara ini akan sangat membantu bagi Anda yang ingin mengatasi masalah update Windows sementara waktu. Caranya sendiri bisa dilakukan dengan masuk ke menu Settings terlebih dulu.

Apabila sudah, baru lanjutkan dengan mengklik Update and Security lalu Windows Update lalu pilih Advanced Options. Akhiri di bagian bawah Pause Updates tinggal mengkik toggle hingga kemudian berubah menjadi On.

2. Batasi Koneksi Internet

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk cara mematikan windows update adalah dengan membatas koneksi internet yang dimiliki. Bukan tanpa alasan karena seperti yang diketahui bahwa untuk bisa melakukan update maka Windows membutuhkan koneksi internet.

Jadi solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pembatasan koneksi internet. Caranya adalah dengan diawali dengan membuka menu Start dan kemudian pilih Settings.

Pada menu Settings tersebut, pilih Network and Internet  yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memilih Wifi yang biasanya berada pada bagian sebelah kiri. Jika sudah, maka tinggal lanjutkan dengan mencari nama koneksi wifi yang terhubung dengan peringkat Anda.

Lanjutkan scroll hingga ke bawah sampai menemukan Metered Connection dan kemudian klik toggle untuk berubah menjadi On. Hal ini berguna untuk membatasi internet dan membuat perangkat tidak melakukan update Windows 10 tersebut.

3. Cegah Update untuk Diinstal

Anda juga melakukan cegah update untuk diinstall supaya Windows 10 tidak melakukan update. Dengan catatan bahwa Windows 10 sudah melakukan update tapi belum melakukan install maka Anda bisa segera menghentikannya.

Caranya adalah dengan di bagian bar Widnows 10 maka ketikan Securty and Maintenance. Klik pada pencarian pertama guna bisa membuka Control Panel.

Kembali lakukan scroll lagi untuk bisa membuka Automatic Maintenance dan kemudian klik stop Maintenance guna menghentikan instal tersebut.

4. Matikan Windows Update Startup Service

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mematikan Windows Update Startup Service seperti yang satu ini. Caranya adalah dengan search bar, ketik Service.

Lanjutkan dengan mengklik kanan pada hasil pencarian yang berada di posisi teratas untuk bisa memilih Run as Administator. Lakukan scroll ke bawah untuk menemukan entri Windws Update.

Klik kanan Windows Update tersebut dan pilih Stip. Lanjutkan kembali dengan mengklik kanan dan pilih properties. Terakhir yaitu di bawah Startup up type, pilih Disabled dan kemudian klik Ok.

Nah dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang bagaimana cara mematikan Windows update 10. Jadi nantinya Anda tidak akan kesulitan lagi ketika akan melakukan hal ini.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan orang lain ya yang mana juga membutuhkan cara ini.

Related Tags

Write Reviews

Leave a Comment

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No Comments & Reviews